Hubungan Iklim Komunikasi Organisasi Dengan Motivasi Kerja Karyawan di Polimarin Semarang

Authors

  • Gunawan Budi Santoso
  • Agus Supriyanto

DOI:

https://doi.org/10.52492/jmp.v1i1.38

Keywords:

Iklim komunikasi, Motivasi Kerja, Teori Pace dan Faules, Teori Maslow, Pearson Product Moment

Abstract

Setiap perusahaan Setiap perusahaan membutuhkan iklim komunikasi. Motivasi kerja karyawan yang tinggi bisa dihasilkan oleh iklim komunikasi yang baik. Motivasi kerja karyawan adalah dorongan yang timbul dari diri karyawan untuk mencapai tujuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan iklim komunikasi organisasi dengan motivasi kerja karyawan di Polimarin Semarang. Teori yang digunakan untuk menganalisis iklim komunikasi di suatu organisasi menggunakan teori Pace dan Faules, yang mengemukakan 5 faktor besar yang bisa digunakan untuk menganalisis masalah yaitu adanya kepercayaan, pembuatan keputusan bersama, kejujuran, keterbukaan dalam komunikasi di dibawah, mendengarkan dalam komunikasi ke atas. Teori motivasi kerja menggunakan teori Maslow, yang mengungkapkan bahwa kebutuhan kita terdiri dari lima kategori, yaitu fisiologis, rasa aman, afiliasi/sosial, harga diri, aktualisasi diri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksplanatif, yang bertujuan untuk menguji hubungan dua variable yaitu variabel bebas (iklim komunikasi organisasi) dan variabel terikat (motivasi kerja karyawan). Data yang diambil adalah karyawan Polimarin sebanyak 50 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dijawab oleh responden, setiap jawaban dalam kuesioner yang dijawab oleh responden diberi skor berdasarkan skala Likert. Untuk keperluan analisis data digunakan teknik Pearson Product Moment dengan program SPSS (Statistical Package for Social Science). Hasil analisis korelasi antara variabel iklim komunikasi organisasi dengan motivasi kerja karyawan Polimarin Semarang menunjukkan hasil nilai korelasi sebesar 0,589 dan nilai signifikansi sebesar P=0,000. Dengan hasil ini menunjukkan bahwa iklim komunikasi dan motivasi kerja memiliki hubungan positif yang kuat. Iklim komunikasi mempunyai pengaruh terhadap motivasi kerja sebesar 34,7%, jadi sisanya 65,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 

Published

2015-09-03

Issue

Section

Articles